Thursday, December 6, 2012

Pemancar radio amatir perlu di tertibkan

Pemancar radio amatir perlu di tertibkan - Naiknya kasus gangguan penerbangan di akibatkan oleh adanya pemancar radio liar yang mungkin bisa mengganggu fasilitas umun seperti penerbangan membuat pemerintah makin menata ijin dan pemancaran radio di kota kota besar. bisa di lihat kasu seperti di beritakan di bawah ini, berikut kutipanya :
PEMANCAR RADIO
Pemancar radio
JAKARTA: Kementerian Perhubungan meminta agar Kementerian Komunikasi dan Informatika  menertibkan jaringan radio amatir, karena beberapa dari jaringan tersebut bocor dan masuk mengganggu sistem navigasi transportasi udara.
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bhakti S Gumay mengatakan pihaknya sudah berbicara dengan Kominfo terkait dengan hal tersebut.
"Kami sudah bicarakan dengan Kominfo, itu (penertiban) menjadi wewenang mereka. Kami minta agar radio amatir yang salurannya jelek dan bocor itu ditertibkan agar tidak mengganggu navigasi," katanya usai acara New Product of Sriwijaya Air di Hanggar II PT GMF Aeroasia di Jakarta, hari ini.
Terkait dengan pemberitaan jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 pada 9 Mei 2012, Dirjen menegaskan tidak ada kesalahan dari ATC atau petugas air traffic control dari bandara.
"Soal ATC itu sudah sesuai. Dan ke depan komisi investigasi dalam proses untuk menyelidiki. Soal radio amatir memang agar ditertibkan, terutama yang beroperasi dekat bandara ya. Transmisinya mungkin masuk," katanya. (sut)

PEMANCAR RADIO LIAR  DI LARANG

Bukan hanya penerbangan alasan lainnya adalah sering kita jumpai di lingkungan sekitar frekuensi radio yang mengganggu siarang televisi yang kita tonton. jadi tivi jadi bruwet dan terdengar siaran radio yang berlangsung.
Frekuensi Radio Amatir Bisa Ganggu Komunikasi Pilot. Pilot senior Garuda Indonesia, Capt Adrian Jeffery Asmara mengisahkan soal bocornya frekuensi saluran komunikasi antara pilot dan petugas komunikasi di menara ATC. Akibatnya, pilot-pilot di wilayah udara Indonesia bisa mendengar siaran radio dangdut atau komunikasi ponsel yang semestinya tak boleh terjadi. Frekuensi bisa bocor karena banyak pemancar radio yang lebih memilih menguatkan sinyal dibanding menambah stasiun pemancar. Sebaliknya, ATC pada umumnya hanya memiliki tiga frekuensi back-up sehingga pilot kerap mendapati kondisi blank spot.
Frekuensi Radio Amatir Bisa Ganggu Komunikasi Pilot
Terkait hal tersebut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti Singayuda, mengakui kadang ada siaran radio amatir yang masuk ke frekuensi pesawat, sehingga menggangu komunikasi pilot. Namun menurutnya hal ini sekarang sudah jarang terjadi. Siaran radio biasanya bocor ke pesawat, tapi bukan ke Air Traffic Controller (ATC). Petugas di ATC sendiri tidak dengar apa-apa. Menurutnya selama ini Kominfo pun terus-menerus bekerja membersihkan frekuensi pesawat agar steril dari penyusupan frekuensi radio amatir yang bocor yang dilakukan secara rutin dan berkala. (KF-Vey/1/5/Viva).

Berikut jawaban tentang Gangguan Pemancar Radio Bocor

  • menurut ane kemungkinannya sangat kecil klo sinyal TV terganggu krn sinyal dari antena warnet kecuali sistem pengkabelannya bner2 dipasang dengan sangat ceroboh...mungkin si tukang antena cari jawaban yg gampang aj bos dripada nyari2 masalahnya...gampang khan tinggal tunjuk tower aja selesai..orang awam pasti manggut2 aja dikasih tau gtu.
  • klo soal radiasi ke tubuh..namanya frekuensi pasti ada akibatnya, mau sekecil apapun pasti ad efek ke badan manusia walaupun tdk dalam jangka waktu pendek...ane pernah bikin pemancar dengan daya kecil bgt tp bs bikin neon 40watt nyala terang bgt...pikir sndiri aja dech gmn akibatnya ke bdn manusia...klo abis pointing antena jgn lupa minum susu yg cukup bos, apalagi klo ente kelamaan di depan antena, instruktur ane pas magang di AU Halim dulu pernah bilang klo sinyal dari antena bs bikin mandul makanya mrk wanti2 jgn pernah lama2 di dpan antena klo sdg beroperasi...
  • klo menurut ane sih kecil kemungkinan klo sinyal wireless kita ganggu TV UHF tetangga secara frequensi beda banged 2,4 ghz sedangkn UHF main di bawah Mhz, klo indovision emang ada kemungkinan bgitu, kadang isu splet / ganggu tv hanya kompor2 orang2 yg ga seneng aja kita punya usaha dengan mendirikn tower apalagi di pedesaan tower internet disamakan dengan tower GSM, jadi lebih baik saat kumpulan RT dateng aja dan sekalian jelasin secara detail dari teori sampai teknis, biar ga ada kompor meleduk lagi
  • Pernah juga didatengin tetangga agak jauh ( 200-300 meter ), yang ngeluh TV-nya rusak gara pasang antena buat RT/Rw.net, disangkanya buat pemancar radio. Padahal tetangga persis disebelah rumah gak ngeluh apa2. Pas dijelasin kayanya malu sendiri tuh. Yang dipasang cuman Linksys 100 mW + antena omni TP Link.
sumber : 
http://www.koranfesbuk.info/2012/05/frekuensi-radio-amatir-bisa-ganggu.html
http://www.forummikrotik.com/wireless-networking/11836-sinyal-wireless-2-4-emang-ganggu-sinyal-uhf-tv-ya-2.html
http://www.bisnis.com/articles/navigasi-udara-ups-dot-jaringan-radio-amatir-bocor-and-ganggu-penerbangan

7 comments:

  1. gan, saluran tv swasta di televisi gw rusak.. gambar gak jelas, suara apa lagi.. awalnya ngira gara" antena dan laen". tp setelah lihat saluran laen baik" aja tuh. cuma saluran itu aja yg rusak. apa mungkin gara" tetangga yang sering berkomunikasi pakek H.T?. mohon pencerahannya bagaimna mengatasinya? lewat email aja gan mudah. sivtynadewi@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Pake para bola aja mas gak ribet murah pula

    ReplyDelete
  3. Betul mas saya juga siaran televisi di rumah saya di ganggu oleh frekuensi ht gimana cara mengatasinya ap saya harus laporkan ke dinas perhubungan atau ke polisi???

    ReplyDelete
  4. Betul mas saya juga siaran televisi di rumah saya di ganggu oleh frekuensi ht gimana cara mengatasinya ap saya harus laporkan ke dinas perhubungan atau ke polisi???

    ReplyDelete
  5. Mohon ditertibkan dong Orari mana yg ilegal mohon segera dirazia.biar nggak nggak ganggu siaran tv.

    ReplyDelete
  6. Wah saya juga ngalami hal sama nih,apa lg sejak tetangga saya pasang pemancar tambahannya yg katanya buat balap(hadeuu)

    ReplyDelete